Nenek 73 Tahun Mencatat Rekor Baru di Everest

Seorang Nenek dari Jepang mencatat rekor baru sebagai wanita tertua di atas Everest.
Wanita Tua berumur 73 tahun dari Jepang mencetak rekor dunia baru pada ketinggian 8.848 meter puncak Everest, suatu prestasi  yang  kedua kalinya setelah mencapai puncak gunung tertinggi di dunia juga pada tahun 2002, ketika ia berusia 63 tahun. Tamae Watanabe, Yamanashi (Jepang), melakukan pendakian terakhir dari Everest pada Jumat malam dari ketinggian 8.300 meter dan menginjak puncak pada hari Sabtu, menurut badan Kyodo Jepang, mengutip penyelenggara ekpedisi dari lokal .

 Dia berangkat dari Kathmandu bulan lalu untuk membuat pendakian ke utara dimulai di Tibet, tetapi dua kali dia  menunda rencana tersebut karena kondisi yang tidak bagus. Pada awalnya, Watanabe telah merencanakan untuk mencoba ke atas Selasa lalu, tapi angin kencang memaksa dia untuk menunda pendakian.

Namun, cuaca tiba-tiba membaik dan wanita itu memulai pendakian terakhir pada Jumat malam, submer “ Media Kementerian Pariwisata Nepal”. Dengan prestasi itu, Watanabe menetapkan rekor baru sebagai wanita tertua di atas Everest, sebuah rekor yang ia miliki sejak tanggal 16 Mei 2002 ketika ia berhasil mencapai puncak tenggara gunung.

Lahir pada tanggal 21 November 1938, Tamae Watanabe adalah Orang Jepang kedua yang memang berhasil menaklukkan Everest, setelah Nippon Junko Tabei pada tahun 1975 yang menjadi wanita pertama yang mencapai rekor. Wanita Jepang lain yg berumur tujuhpuluh FIKO Funahashi, 72, juga mencoba untuk mencapai puncak gunung ini  lewat sisi Timur, tetapi  rencana tersebut digagalkan pada akhir April karena alasan kesehatan.

Funahashi telah mencoba tiga kali sejak 2006 untuk mengalahkan rekor Watanabe, namun sejauh ini tidak berhasil. Rekor untuk orang tertua yang mencapai puncak Everest dipegang oleh Nepal Min Bahadur Sherchan, yang berhasil mencapai puncaknya pada Mei 2008, pada usia 76 tahun lebih  340 hari.
Rekor termuda dipegang oleh AS Jordan Romero, pada umur 13 tahun.

0 Response to "Nenek 73 Tahun Mencatat Rekor Baru di Everest"

Posting Komentar